Batik Gemawang Mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional, Cintai Bangsa Cintai Produk Asli Indonesia

BATIK GEMAWANG

Batik Gemawang adalah komunitas perajin batik tradisional di Desa Gemawang, Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Terletak kurang lebih 50 km selatan semarang, arah ke Jogja.
Batik Gemawang mulai hidup tahun 2005, setelah diadakan pelatihan membatik. Yang membuat Batik Gemawang menjadi luar biasa adalah karena di Desa Gemawang tidak mempunyai akar sejarah pembatikan seperti didaerah perajin batik yang lain.
Motif yang menjadi andalan pun bukan merupakan motif batik pesisiran (semarang) maupun motif pedalaman (Yogya-Solo). Batik Gemawang mempunyai ciri khas unsur batik kopi, tala madu dan baruklinting. Sedangkan pewarnaan yang utama menggunakan indigo (indigofera), salah satu pewarna alam termahal yang belum tentu setiap pembatik, walaupun berpengalaman, bisa melakukan pewarnaan tersebut.
Paguyuban Batik "Nyi Ageng Pandanaran", sebagai salah satu komunitas perajin batik di Desa Gemawang, juga memproduksi batik dengan spesifikasi tersebut, disamping motif-motif klasik yang telah dikenal selama ini, seperti wahyu tumurun, bokor kencono, semen romo dan kawung.
Sedangkan motif khas yang bisa Anda dapatkan pada Paguyuban Batik "Nyi Ageng Pandanaran" antara lain baruklinting, teratai, kembang kopi, tala madu dan baruklinting tapa.
Bila Anda dalam perjalanan antara Semarang - Jogja, jangan lupa singgah di tempat ini. Paguyuban Batik "Nyi Ageng Pandanaran", dengan alamat Kampoeng Banaran, RT.02/03 Desa Gemawang, Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.
Anda dapat pula mengunjungi kami di www.batikgemawang.com

7 komentar:

  1. Sugeng, mas Fauzi.
    Saya Bambang Pramusinto dari Bappeda Salatiga.
    Kita ketemu kemarin waktu pameran di Ghradika Bhakti Pradja. Ada pertanyaan nih :
    mas, motif sekarjagad dan Baruklinting Tapa harganya berapa?
    Misalnya saya punya lokasi/tempat di Salatiga, ada kemungkinan kerjasama gak? Maksudnya, tempat dan karyawan dari saya tapi barang dari mas Fauzan? Sistemnya yang baik gimana supaya win-win solution ?
    Terima kasih.
    Blog saya :
    http://www.bersamaberusaha.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas perhatian Bapak.
    Untuk informasi awal, sekar jagad dan baruklinting tapa dengan pewarnaan INDIGOFERA biasa saya jual minimal Rp. 350.000
    Sedangkan untuk motif sama dengan pewarnaan sitetis biasa saya jual 270.000.
    Saya sangat setuju dengan usul bapak, dan mari segera kita tindak lanjuti.

    BalasHapus
  3. saya lita di ugaran, saya biasa menjual batik pekalongan. tapi saya dengar ada batik gemawang produk lokal dari kabupaten semarang dan saya tertarik untuk menjualnya. kalau di perbolehkan saya mau kesana untuk membeli dan mau dijual lagi di sekitar ungaran. kebetulan saya juga sedang mencari kios. apakah ada produk pakaian jadinya? kalau ada, berapa harga grosirnya? kalau kain, bahannya kain apa dan berapa harga grosirnya? trimakasih sebelumnya.....

    BalasHapus
  4. Ibu Lieta Yth.
    Tawaran ibu sangat kami perhatikan. Selama ini kami hanya membuat 'batik' dalam arti yang sebenarnya. Maksud kami, kami memproses sesuai dengan SNI yaitu dengan proses penggunaan malam sebagai perintang warna. Bagi sebagian masyarakat, Batik Gemawang dikategorikan premium, walaupun kami sebenarnya membuat berbagai model dan jenis. Namun semua menggunakan kain yang berkualitas, minimal prima mercerized.

    BalasHapus
  5. Salam kenal Pak Fauzi, Saya bergerak dibidang usaha fashion n Butik di Denpasar Bali,saat ini kami ada 2 outlet yaitu di Kuta dan Denpasar,kami sangat tertarik dengan produk batik indigo, bisakah kami mengadakan kerjasama dengan bapak? mohon balasannya

    BalasHapus
  6. Salam kenal Pak Fauzi, Saya bergerak dibidang usaha fashion n Butik di Denpasar Bali,saat ini kami ada 2 outlet yaitu di Kuta dan Denpasar,kami sangat tertarik dengan produk batik indigo, bisakah kami mengadakan kerjasama dengan bapak? mohon balasannya

    BalasHapus
  7. Hai, salam kenal ya kak dan terima kasih untuk informasinya. Mau belanja kain batik, tapi masih bingung dimana tempatnya?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : fitinline..

    BalasHapus